Attitude.. Dimanakah Engkau..?

Attitude...
Cuma 8 huruf.. tapi penting banget.. Dan sayangnya, makin lama makin langka.


Mahasiswa zaman sekarang (walaupun ga semuanya ya..), kayanya attitudenya makin minus, dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Gue perhatiin, di kampus dulu gue dan temen-temen angkatan gue, pasti akan menunjukkan rasa hormat pada dosen, termasuk dosen yang ga ngajar mata kuliah yang kita ambil (pokoknya dosen). Kalo kita jalan, lewat depan mereka, pasti kita akan menundukkan tubuh sedikit sambil senyum dan bilang permisi.

Sekarang? kemarin gue liat serombongan mahasiswa lewat depan dosen senior. Dan mereka lempeng aja gitu lewat sambil cekikikan dan gosip macem-macem.. Huff.. beda banget...

Dan sebelumnya juga.. mahasiswa masih aja berani masuk ruang dosen dan minta periksa proposal penelitian mereka pada jam 12.00 - 13.00 WIB, yang notabene jam istirahat.. Dan pake memaksa pula.. Bilang bahwa harus seminar jam sekian hari ini. Sehingga proposal harus diperiksa secepat mungkin. Oh oh oh... Kenapa ga datang kemaren???

Untuk dosen yang sabar, sang dosen masih melayani permintaan mereka sambil nahan perut keroncongan yang ga sempat diisi tadi pagi karena buru-buru ke kampus untuk ngajar kuliah pagi. Tapi kalo peerut udah mulai melilit dan kepala terasa mumet, sang dosen minta si anak kembali lagi setelah dia selesai makan siang.

Kemarinnya lagi.. seorang dosen yang hari itu memang kurang enak badan, beristirahat di ruangannya. Kepalanya ditempelkan ke meja kerja, dialasi tangannya. Berusaha menutup mata sejenak. Seorang mahasiswa masuk, ada urusan dengan si dosen. Dan yang ga gue duga adalah, si mahasiswa berani membangunkan dosen itu untuk memeriksa proposal penelitiannya..

Oh God... dimana letak sopan santun sekarang ini ya...
Dari kaum akademisi pulaaa.....


^Vd^

Comments

sarche said…
attitude-nya udh ketinggalan jaman kali vit

hehehe
Berang said…
Untung aku bukan mahasiswa...
Anonymous said…
yah, saat ini memang attitude dah banyak dilupakan oleh sebagian mahasiswa... tapi percaya deh, masih ada kok sebagian mahasiswa lain yang menjunjung tinggi attitude2 seperti itu. sebagai mahasiswa pun, saya masih menganggap nilai2 seperti itu harus dijadiin patokan kok...
jadi, positive thinking aja hehe^^


salam kenal,

akane_no-label^^
macangadungan said…
wah, pas kemaren ini aku ngobrol2 ama asdos yang kebetulan deket ama aku, dia mengeluhkan hal yang sama

mulai dari mahasiswa yangpas ngumpulin tugas, tugasnya dilempar gitu aja di meja

ada lagi yag ditanyain, "Kok namamu ga ditulis di map tugas?"
si mahasiswa tengil malah jawab, "Emangnya penting ya nama gue?"

ARRRRGGGHHHH
Mbak, walaupun sama2 mahasiswa, sumpah dengernya aja saya pengen ngajak mereka brantem. anak skrg makin maju makin ga punya manner. mentang2 yg masuk di kampusku anak org tajir, jadi pd blagu...
Reth said…
Iya aku juga suka heran sama mahasiswa jaman sekarang, temenku ada yg jadi dosen dikampus dia cerita, masa ada mahasiswi angkatan 2007 nelpon dia tengah malem (nyaris stengah 12an) ngeyel pengen nanya tentang materi bahan test besok. pas ditanya kenapa ga nelpon sorean eh dia bilang sesorean lagi jalan sama temen dan itu baru pulang kerumah jam segitu, sintingg!!

Anak² jaman sekarang mannernya udah kaga ada euy...
GICM Aficionado said…
Yup memang jaman sudah berubah. Waktu ngajar di Binus juga bisa rasain. Dosen nggak kayak dulu, apalagi pola pendidikan kita dimana Mahasiswa = customer = raja.
Panjang sabar ya ... Mahasiswa sekarang gak bisa dipaksa respek. Just let it go and be our self ... lama lama mahasiswa respect sendiri.

Popular Posts