Gak Mau atau Gak Mampu?

Sore itu gue lagi leyeh-leyeh di kamar sambil nonton televisi. Channel dipindah-pindah, mencari acara yang menarik. Sampai akhirnya gue berhenti pada salah satu channel tv swasta. Sedang ada tayangan tentang Malioboro dan para pekerja di sekitar situ.


Ada seorang nenek-nenek renta, dari dulu ampe sekarang masih mencari nafkah di sekitar sana. Umurnya udah tua, badan udah agak bongkok, tapi masih juga kerja, kadang angkat-angkatin barang. Pas diwawancara, nenek itu bilang " Saya akan tetap kerja selama masih bisa, masih sehat. Nanti kalo udah gak bisa apa-apa lagi, baru bergantung sama anak dan cucu".


Rasanya ada yang bergetar di hati. Baru beberapa hari kemarin gue liat di perempatan, di lampu merah, di pasar, dimana-mana.... Peminta-minta.. Ibu2, badan tinggi besar.. Paling umurnya baru 35 taunan. Menyodorkan mangkuk kecil, minta diisi uang.. Ya Allah... Mestinya si ibu-ibu itu malu, udah dikasih badan sehat, besar dan kuat, tapi digunain buat minta-minta belas kasihan orang lain. Kalo nanti sama Tuhan diambil kekuatan badannya, kesehatannya... Baru mungkin dia ngerti..... Gue bener-bener ilfil liat orang kaya gitu, minta-minta di lampu merah...
Kalo mau kaya ya kerja.. masa minta2...!!!!!!!



^Vd^

Comments

Berang said…
Gw tidak pernah mau memberikan uang kepada orang yang begituan dan juga kepada anak2 yang ada dijalanan.... Is't like not real for me..

If you need to survive, you must work and thinking. The God given the brain in your head, so use it!
sarche said…
setujuu Vid,

kadang ada yg ngikutin kita di jalan, blg keluarga sakit lah, trus ga pny uang buat pulang ke rumah lah, wah aneh2 dech....

Popular Posts