WCU.. (WC Umum... ) ;)

WCU yang gue maksud bukan World Class University, tapi WC Umum.. hehehehe..
Hari ini entah kenapa WC di gedung tempat gue bekerja joroknya bukan maen. Pasalnya, air mati dan (mungkin) pengguna WC yang kebetulan udah "setor" dan baru tau airnya mati, jadi gak bisa ngapa2in selain "menggunakan" tisue banyak-banyak. Stop.stop.. jangan paksa gue mendeskripsikan apa yang dilakukan dengan tisue itu yah... Yang pasti, warna air di kloset gak jernih lagi.. Hueeekkkk... Untunglah sekarang air sdh nyala lagi dan segala yang "mewarnai" kloset itu sdh bisa dibersihkan.


Ngobrol tentang WC, gue jadi inget tayangan Kick Andy beberapa waktu lalu di TV. Pada saat itu tokoh yang ditampilkan berhubungan dengan TOILET. Ada siswa SMP di Jakarta yang bela-belain membentuk organisasi khusus di sekolahnya untuk mengurusi kebersihan WC wanita, menyediakan pembalut dan pakaian dalam di WC agar bisa digunakan oleh siswi yang kebetulan sedang membutuhkannya. Mereka juga menyediakan tempat uang untuk menampung uang bayaran dari siswi yang menggunakan pembalut dan pakaian dalam tadi (istilahnya membeli lah ya..). Anak SMP saja bisa punya keinginan dan keberanian dalam mewujudkan Toilet yang bersih, sekaligus membudayakan kejujuran. Ada juga tokoh wanita yang memperjuangkan untuk pengadaan toilet yang bersih di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Bahkan untuk Bandara kelas internasional tersebut, dulu pemerintah tidak terlalu care terhadap toiletnya. 


Anyway, mungkin kalian juga pernah ngerasain kebelet harus ke WC di jalan, dan menemukan WC yang 'uuggghhhhh... bikin pengen muntah bahkan sebelum masuk ke dalam ruangannya'. Kenapa bisa begitu? karena sebagai pengguna, diri kita sendiri mungkin masih sebatas menggunakan WC semau kita. 'Aaahh.. WC umum ini... ngapain mesti kita jaga kebersihannya sih...'. Yah.. kalo semua orang mikir begitu, gak mengherankan kondisi WC umum di negara kita akan parah banget!


Salah satu tokoh yang dihadirkan di Kick Andy kemaren mengatakan bahwa TOILET adalah cermin kepribadian kita. Seseorang yang pribadinya baik, disiplin menjaga kebersihan diri, dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, akan memperlakukan Toilet umum yang dia gunakan seperti perlakuannya kepada toilet miliknya sendiri di rumah...


Jadi.... yuk bareng-bareng jaga toilet umum. Kontrol diri kita sendiri untuk gak memperlakukan toilet umum semau kita. Bayangkan hasilnya nanti bahwa masuk ke toilet umum dengan rasa nyaman, alih-alih rasa jijik. Dan ingat juga bahwa kebersihan pangkal kesehatan. Gak bakal sehta deh kalo gak bersih.. ^_^ 
Deal yaaaa.... kita jaga toilet umum bareng-bareng... ^_^
 

 
^Vd^

Comments

Erik said…
Setuju Vid, TOILET adalah cermin kepribadian kita. Mestinya kita sama2 jaga kebersihannya ya
Mama Beruang said…
saya pikir, ada mutu ada harga mba.
sekarang bayar toilet di atas 2rb kondisinya sudah layak, tp klo <2rb apalagi gratis, wah.. udah jd toilet horor.

saya inget di XXI pun hrs beli tiket nonton dl, br boleh pake toilet. hehe
nice topic!

Popular Posts