Tidak Ada Perjuangan Yang Mudah

Wuuiihh judulnya serius banget ya.. Emang mesti serius kalo bicara tentang perjuangan.. ^__^

Dulu pas kuliah, dosen gue pernah bilang "Hidup itu memang sulit... Kuliah itu juga sulit" . Sebagai mahasiswa baru yang masih polos (HUAHAHAHAA) saat itu gue belum punya gambaran apa-apa tentang kalimat yang diucapin sama dosen gue itu. Sebelum harus kuliah di Bandung, gue tinggal bersama orang tua di Argamakmur. Sekolah dianterin. pulang sekolah, laper, makanan udah siap. Mau berangkat sekolah, baju udah siap. Pokoe tau beres deehh waktu itu.

Hari demi hari berlalu. Mulailah gue ngerasain apa yang dimaksud dosen gue itu. Sebagai anak kost, semua harus diurus sendiri. Baju dicuci sendiri. Kalo mau laundry, ya duit jajan berkurang. Minta lebih ke ortu maluuu... hehehehe. Kadang kalo kegiatan kampus lagi banyak banget, baju sampe numpuk. Dan sekali cuci, ampuuuunnnn... mesti pake tenaga gajah! Daaan akhirnya mulailah gue berlangganan loundry setelah frustasi berkali-kali harus nyuci setumpuk baju (setumpuk baju=banyak banget!!). Gapapa deh ngirit jajan.. Daripada tangan jadi segede betis.. hikss..

Makan, ya diurus sendiri juga. Pulang kuliah, mampir dulu ke warung nasi langganan (waktu itu, masih murah banget. Percaya gak, gue beli nasi plus lauk pauk cuma kena 3500!!!). Kalo lupa beli cemilan atau roti buat sarapan, artinya siap-siap aja nahan laper kalo kebetulan paginya mesti kuliah dan gak sempat beli sarapan dulu.

Pas kondisi badan lagi drop, ya sakit sendirian... Kalo mau cepet sembuh ya harus ke klinik sendiri, berharap aja gak tepar di jalan menuju klinik...

Fiiiyuuuhhhh... Emang perjuangan itu gak gampang. Berjuang biar bisa lulus kuliah dengan nilai baik, dan ngurusin semua keperluan kita sendirian. (Yaaaa.. gak sendirian terus sih ya.. Ada temen-temen kompakan yang bisa diajak susah bareng, gak cuma seneng bareng aja. Tapi, kan temen gak bisa dimintain tolong nyuci baaajuuuuu....  ;p  ).

Sekarang, pas udah lama lulus kuliah pun, perjuangan masih terus berlangsung. Dan akan terus berlangsung sampai akhir hayat.. Nih salah satu bukti perjuangan gue... Sepatu yang ampe kelupas sana sini karena diajakin jalan, kena matahari, debu, kadang kena cipratan air. Tuh solnya juga udah nganga. Pada saatnya gue mesti ganti sepatu, bukan berarti gue ngelupain perjuangan yang udah dilewatin bersama si sepatu tersayang, tapi mungkin emang udah waktunya si sepatu ditaruh di tempat yang nyaman dan istirahat dulu setelah membantu si empunya melewati jalanan yang gak selalu mulus...       ^___^ 


 

Jadi, tetap semangat yaaaahh!! Perjuangan masih panjang! Dan saat kita merasa ada beban berat yang dipikul, ingatlah lagi bahwa Tidak ada perjuangan yang mudah. Nikmatin aja, dan lakukan sebaik-baiknya. Dan jika kita gak gampang menyerah, hasilnya akan manis sekali...   ^____^

 ^Vd^

Comments

ronal said…
itu nasi bungkusnya di mang Adun apa di Bu Wardo VD?
hehe

Popular Posts