Chelsea Islan dan Bullying

Sempat sedih juga mendengar kasus video Chelsea Islan dan kaitannya dengan bullying. Bullying bukan hal yang remeh, bahkan akibat dari bullying kepada anak kecil dan remaja akan membentuk watak mereka menjadi tidak baik. Menurut hasil penelitian yang pernah gue baca, bullying pada anak akan membentuk watak mereka menjadi manusia yang tidak percaya diri, menjadikan jiwanya tidak sehat, bahkan mendendam. Dan perilaku bullying ini akan diwariskan lagi kepada generasi-generasi berikutnya.  

Sebagai anak daerah, selama sekolah gue tidak merasakan adanya bullying. Makanya gue surprise pas denger teman-teman yang sedari remaja tinggal di kota cerita bahwa mereka terbiasa dengan bullying. Ada yang cantik sedikit, diculik dan diperlakukan dengan tidak baik oleh teman-temannya yang tidak suka akan keberadaan mereka. Ada kesalahan sedikit, langsung kata-kata makian dan cemooh keluar dengan gampangnya. Senioritas dan gencet menggencet terjadi sering sekali. Kalau ditanya, mengapa mereka melakukan hal ini, jawabannya adalah : "dari dulu juga senior gue gitu koookk... biar tuh anak gak jadi songong, jadi perlu dicelaaa..."

Tidak sadarkah para pelaku bullying itu bahwa rantai ini harus diputus. Jangan diteruskan ke generasi berikutnya. Dan perlu disadari juga oleh para pelaku bullying, apakah hal yang mereka lakukan itu ada manfaatnya selain mencelakakan dan menyakiti orang lain.....

Anyway, saat ini gue dalam kecemasan. Apa yang akan terjadi nanti saat anak gue mulai beranjak dewasa. Apa perlu sekolahnya di kampung aja untuk menjaganya dari suasana bullying yang sama sekali tidak ada manfaatnya ini... (* feeling sad)


^Vd^

Comments

Popular Posts